Cara Membuat Masker Alpukat Sendiri di Rumah

Cara Membuat Masker Alpukat – Alpukat merupakan salah satu buah yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Bahkan produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran banyak yang menggunakan buah ini sebagai bahan dasaranya.

Hal ini tentu saja bukan tidak ada alasannya, buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, rambut dan kulit. Beberapa nutrisi buah alpukat seperti vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Buah alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein,

Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kecantikan misalnya kandungan  vitamin E, vitamin K, zat besi, seng dan lain-lain di dalam buah alpukan bermanfaat untukj membuat kulit tetap sehat. Selain itu, minyak nabati yang terdapat di dalam buah alpukat membantu meningkatkan kalogen sehingga menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Buah alpukat juga mengandung kalium dan mineral lain yang tinggi yang bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas kulit tanpa menyebabkan kerusakan.

Cara membuat masker alpukat

Cara membuat masker alpukat

Wah, sangat banyak sekali manfaat buah alpukat untuk kecantikan tubuh kita bukan? Sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat masker alpukat sendiri di rumah. Berikut ini diantaranya:

Cara Membuat Masker Alpukat Sendiri di Rumah

Masker alpukat bisa kita pergunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk rambut, wajah dan kulit. Berikut ini beberapa panduan membuatnya:

A. Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut

Pertama, kita akan bahas bagaimana cara membuat masker alpukat untuk rambut. Silahkan pilih cara mana yang akan anda lakukan sendiri di rumah:

1. Membuat masker alpukat dan lidah buaya

Pertama kita akan mengkombinasikan antara alpukat dan lidah buaya. Lidah buaya sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk perawatan rambut secara alami. Daging lidah buaya bermanfaat untuk menjaga dan merawat rambut dari berbagai masalah seperti dapat menghitamkan rambut, mengatasi rambut bercabang, meluruskan rambut secara alami, mengatasi rambut kering dan kusam, dan lain sebagainya.

Cara membuat masker alpukat dan lidah buaya:

  • Pertama sediakan buah alpukat yang sudah matang serta lidah buaya yang masih segar.
  • Proses berikutnya adalah campurkan lendir dan gel lidah buaya bersama dengan haluskan buah alpukat secukupnya saja. usahakan sampai terbentuk krim agak sedikit encer.
  • Oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian rambut setelah mandi dan keramas.
  • Tutup rambut dengan menggunakan handuk basah hangat selama 30 menit.
  • Lalu akhiri dengan membilas rambut sampai bersih menggunakan air dingin. Atau bisa juga bersihkan rambut dengan keramas.

Jangan lewatkan juga 18 Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami

2. Membuat masker rambut alpukat dan kuning telur

Selain mengkombinasikan dengan lidah buaya, buah alpukat juga bisa dikombinasikan dengan kuning telur. Kombinasi kedua bahan ini bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut serta mencegah kebotakan. Hal ini dikarenakan kandungan proteinnya yang tinggi.

Cara membuat masker buah alpukat dan kuning telur:

  • Silahkan sediakan buah alpukat, ambil setengah bagiannya saja, yang setengahnya bisa anda konsumsi.
  • Haluskan setengah bagian daging alpukat tersebut. lalu aduk dengan 1 butir kuning telur sampai merata.
  • Langsung saja aplikasikan masker rambut alami tersebut ke kulit kepala.
  • Meski amis, namun cobalah untuk mendiamkannya selama 30 menit.
  • Kemudian akhiri dengan membilas menggunakan air hangat sampai bersih. Agar lebih bersih lagi silahkan keramas.

Membuat masker rambut alpukat dan daun fenugreek

Masker alpukat dan daun fenugreek ini memiliki manfaat khusus untuk mengatasi rambut rontok.

Cara membuat masker buah alpukat dan daun fenugreek

  • Campurkan daging buah alpukat yang sudah diblender dengan daun fenugreek yang sudah dihaluskan.
  • Tambahkan air teh hijau secukupnya lalu aduk hingga merata.
  • Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air dingin dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah keramas.

B. Cara Membuat Masker Alpukat untuk Wajah

Berikut ini cara membuat masker alpukat untuk wajah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:

1. Membuat masker alpukat dan madu

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat madu. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita, madu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Banyak produk kecantikan, sabun, lotion dan sebagainya berbahan dasar madu. Madu sendiri mengandung senyawa antibakterial dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang menjadikan madu baik untuk menjaga kulit Anda tetap awet muda secara alami.

Beberapa manfaat masker alpukat dan madu adalah untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan kering, wajah yang mengalami peradangankulit wajah kering, serta mengatasi kulit wajah yang kendor dan keriput

Cara membuat masker alpukat dan madu dengan mudah:

  • Silahkan anda haluskan daging buah alpukat matang dengan garpu.
  • Setelah halus tambahkan 1 sendok makan madu kemduain aduk sampai rata.
  • Nah, setelah masker siap, silahkan bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan masker merata.
  • Diamkan sejenak kira-kira 1-2 jam atau sampai kaku
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. Membuat masker alami alpukat dan lemon

Sebenarnya bukan hanya lemon, buah sejenis seperti jeruk, jeruk nipis, dan lainnya juga bisa kita gunakan. Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan kandungan vitamin C. Selain kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan, nutrisi tersebut baik pula untuk mempercepat proses regerenasi sel-sel kulit mati.

Beberapa masalah kulit wajah dapat diatasi dengan masker ini, seperti untuk perawatan kulit berminyak (lemon akan merapatkan pori penyebab minyak), wajah berjerawat, berkomedo, dan flek hitamserta kulit wajah yang kasar (disebabkan karena penumpukan sel kulit mati)

Cara membuat masker buah alpukat dan lemon:

  • Sediakan 1 buah lemon segar dan daging buah alpukat secukupnya saja (disesuaikan).
  • Selanjutnya iris dan peras lemon tersebut dalam sebuah wadah, lalu masukan halusan daging buah alpukat kedalamnya.
  • Aduk campuran tersebut sampai merata dan berbentuk mirip krim.
  • Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat (agar pori terbuka dan siap menyerap kandungan masker alami)
  • Setelah wajah bersih, anda bisa mengoleskan masker tersebut secara merata, bisa menggunakan bantuan spatula kecil apabila kesulitan.
  • Biarkan 30-60 menit agar meresap secara sempurna. Lalu akhiri dengan membilas menggunakan air hangat dan dilanjutkan air dingin sampai bersih.

3. Membuat masker buah alpukat dan yoghurt

Yogurt yang merupakan fermentasi dari susu bermanfaat untuk mengencangkan kulit secara alami, mengecilkan pori, dan mencegah serangan bakteri penyebab penyakit kulit. Nah, kombinasi kedua bahan ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, kulit keriput, kendor, dan meringkas pori besar.

Cara membuat masker alpukat dan yoghurt:

  • Sediakan yoghurt murni atau polos serta buah alpukat secukupnya.
  • Setelah bahan tersedia, pertama haluskan daging buah alpukat dan campurkan dengan yoghurt. Pastikan campuran tersebut pas dan membentuk mirip krim.
  • Setelah selesai mandi, oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah.
  • Agar kita memperoleh hasil terbaik, beri pijatan lembut dan diamkan sampai terasa cukup kaku. Biasanya sih saya mendiamkannya selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit bilas masker tersebut sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

4. Masker Alpukat dan Lada Merah

Berbagai masalah kulit wajah seperti kulit kering serta noda hitam di wajah dapat di atasi dengan masker alpukat dan lada merah. Bahkan dengan mengaplikasikan masker ini, wajah akan menjadi halus sehalus kulit bayi.

Carnaya yaitu, pertama sediakan setengah bagian daging buah alpukat yang sudah masak, lumatkan. Campurkan dengan 1 sendok teh lada merah. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah sambil dipijat dengan minyak almond.

5. Masker Alpukat dan Susu

Masker alpukat dan susu berkhasiat untukmembuat kulit wajah menjadi cerah dan segar. Ada hal yang mesti dilakukan sebelum melakukan perawatan dengan masker alpukat dan susu, yaitu pertama lakukan totok wajah selama 5 menit untuk merangsang saraf-saraf pada wajah. Bersihkan wajah dengan cleaansing milk, kemudian angkat dengan spons yang telah dibasahi dengan air hangat.

Setelah persiapan selesai, sekarang kita mulai membuat masker. Campurkan alpukat dengan susu murni hingga tercampur rata dan membentuk sebuah adonan. Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata menggunakan kuas masker, namun hindari bagian mata. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan spons yang telah dibasahi denga air hangat.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan kulit yang segar dan cerah. Kombinasi alpukat dengan susu murni ampuh untuk menghilangkan flek-felk hitam di wajah.

Nah, kira-kira cara mana yang akan anda terapkan?

Demikianlah panduan cara membuat masker alpukat dari kami semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bagikan juga kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi. Baca juga 20 Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

Leave a Reply