18 Cara Alami Mengobati Jerawat yang Terbukti Ampuh

Cara Alami Menghilangkan Jerawat – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang paling banyak dialami oleh manusia di seluruh penjuru dunia.

Jerawat memang tidak berbahaya. Namun begitu, keberadaan nya cenderung akan membuat penampilan wajah menjadi kurang maksimal.

Bahkan, dalam beberapa kasus tidak sedikit orang yang kehilangan kepercayaan diri hanya karena keberadaan jerawat di kulit wajah mereka.

Untuk menghilangkan jerawat, banyak orang yang mengandalkan produk perawatan kulit wajah siap pakai yang diproduksi menggunakan bahan kimia.

Meski pun dalam praktek nya produk tersebut bisa membantu menghilangkan jerawat, namun kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam nya dapat menimbulkan efek samping pada kulit wajah.

Jika Anda ingin solusi yang lebih aman, Anda kami sarankan untuk menggunakan cara alami menghilangkan jerawat.

Ya meski pun jika dibandingkan dengan penggunaan kosmetik cara ini tergolong agak sedikit lebih repot dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun dari sisi keamanan, cara ini cenderung tidak berpotensi menimbulkan efek samping negatif sama sekali.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi: Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Apa Sih Penyebab Jerawat?

Sebelum kita bahas cara menghilangkan jerawat secara alami, ada baiknya juga kalau kita mengetahui penyebab jerawat itu apa saja. Karena bisa jadi kita sudah melakukan banyak cara untuk menghilangkan jerawat tapi justru kita juga melakukan banyak kebiasaan yang dapat mengakibatkan jerawat semakin parah.

Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab timbulnya jerawat serta yang semakin memperparahnya:

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat yang pertama adalah karena faktor perubahan hormon. Hal ini bisa terjadi pada remaja hingga orang dewasa.

Sangat sering terjadi pada kaum hawa karena kaum hawalah yang sering mengalami perubahan hormon di dalam tubuh.  Misal pada saat menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Selanjutnya mengkonsumsi makanan tidak sehat juga dapat memicu timbulnya jerawat. Makanan berminyak serta berlemak adalah pemicu utamanya, karena saat ini bisa dibilang makanan cepat saji menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan cepat. Maka dari itu, batasilah konsumsi makanan berlemak tinggi serta berminyak.

3. Ponsel yang Kotor

Ponsel kini bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan akan komunikasi, browsing, chatting, mengetahui info terupdate hingga bisnis, semua bisa dilakukan dnegan ponsel.

Namun apa yang terjadi jika kita menempelkan pipi kita ke ponsel yang kotor? Tentu ini dapat mengakibatkan bakteri pindah ke pipi kita.

Bahkan menurut penelitian menyebutkan bahwa ponsel 18 kali lebih kotor dan mengandung banyak bakteri jahat bila dibandingkan dengan pegangan pintu pada toilet umum.

Perhatikan kebersihkan ponsel anda. Ada baiknya juga tidak menempelkan ponsel ke pipi dalam waktu yang lama ketika menelpon, atau bahkan kita nihilkan sama sekali.

4. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Siapa bilang terlalu sering mencuci wajah itu baik? Justru, kebiasaan terlalu sering mencuci wajah ini justru dapat mengakibatkan produksi minyak di wajah berkurang hingga akan memicu kulit terus memproduksi minyak secara berlebihan sehingga dapat memicu jerawat. Sebaiknya cuci wajah anda cukup 2 kali sehari menggunakan produk pembersih wajah yang ringan.

5. Make up Berlebihan

Penggunaan make up berlebihan juga dapat memicu timbulnya jerawat lo. Apalagi mak up yang kita gunakan mengandung zat kimia berbahaya. Bukan hanya jerawat, tetapi juga dapat membuat kulit iritasi dan rusak.

6. Menyentuh dan Memencet Jerawat

Anda sering memencet jerawat? Sekilas mungkin anda merasa memencet jerawat itu dapat mengurangi jerawat di wajah, padahal kebiasaan ini justru akan membuat jerawat semakin berkembang. Karena tangan yang kotor plus bakteri di wajah akan semakin menyebar dan kemudian juga akan mengakibatkan timbulnya bekas jerawat pada wajah.

Artikel terkait: 17 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

7. Masa Pubertas

Terakhir, masa puber juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Masa ini sangat lazim terjadi pada remaja. Hal ini sangat wajar terjadi karena ketika puber sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak meningkat produksinya karena meningkatnya produksi hormon testosteronpula .

Cara Alami Menghilangkan Jerawat yang Terbukti Ampuh

Nah, setelah kita mengetahui apa saja penyebab timbulnya jerawat, kini mari kita simak bagaimana cara alami menghilangkan jerawat yang bisa kita lakukan.

Ada banyak sekali bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Tomat

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan buah tomat, Anda perlu menggunakan masker wajah dari buah tomat secara rutin.

Cara membuat masker tomat

Ilustrasi: Cara membuat masker tomat

Dalam menggunakan masker wajah dari buah tomat sendiri, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif cara, yaitu:

  • Dengan cara menempelkan irisan buah tomat ke wajah secara langsung
  • Dengan cara memanfaatkan buah tomat yang telah dihaluskan sebagai masker wajah

Dalam praktek nya, jika mau, Anda bisa turut menambahkan bahan alami lain nya (seperti madu, putih telur, jeruk nipis dan minyak zaitun) ke dalam masker tomat yang Anda buat.

2. Madu

Cara alami menghilangkan jerawat yang ke dua adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan salah satu bahan perawatan wajah tertua yang pernah ada di dunia.

Jauh sebelum produk perawatan wajah bisa ditemukan dengan mudah seperti sekarang ini, madu sudah digunakan oleh para ratu di kerjaan mesir kuno sebagai bahan alami untuk merawat kulit.

Manfaat Masker Madu

Manfaat Masker Madu

Sayang nya, belakangan ini, penggunaan madu sebagai bahan alami untuk perawatan kulit sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Padahal, jika dibandingkan dengan beberapa produk perawatan kulit yang ada sekarang ini, madu cenderung memiliki khasiat yang jauh lebih lengkap.

Nah, untuk menghilangkan jerawat menggunakan madu, Anda hanya perlu mengolesi bagian kulit wajah Anda yang dipenuhi jerawat dengan menggunakan madu murni.

Dengan kandungan senyawa aktif dan vitamin yang terdapat di dalamnya, madu diharapkan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan radang akibat jerawat sembari menghentikan serangan bakteri penyebab jerawat di wajah.

3. Jeruk Nipis

Alternatif cara alami menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang dapat membantu menghambat kinerja bakteri penyebab jerawat pada wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga sangat kaya akan air dan vitamin C yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi / anti radang.

Ketika diaplikasikan pada jerawat yang meradang, jeruk nipis dapat membantu menghentikan peradangan di sekitar jerawat sembari mempercepat proses pengempisan jerawat.

Selain itu, jeruk nipis juga diklaim dapat membantu mencegah jerawat kembali timbul di permukaan wajah.

4. Alpukat

Selain enak dan menyehatkan, buah alpukat juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah.

Ada banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dari buah alpukat, seperti salah satunya adalah untuk menghilangkan tumpukan jerawat membandel di kulit wajah.

Masker alpukat

Ilustrasi: Masker alpukat

Untuk menghilangkan jerawat membandel menggunakan buah alpukat, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan satu buah alpukat yang sudah matang dan satu buah jeruk nipis yang sudah tua
  • Haluskan setengah buah alpukat menggunakan blender, lalu tambahan perasan setengah bagian buah jeruk nipis ke dalamnya
  • Bersihkan kulit wajah Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan menggunakan handuk lembut
  • Aplikasikan campuran buah alpukat dan jeruk nipis ke seluruh bagian wajah Anda, lalu diamkan selama 20 – 30 menit
  • Bilas wajah Anda menggunakan air bersih
  • Ulangi cara di atas setiap 2 hari sekali hingga jerawat di kulit wajah Anda hilang dengan sempurna

5. Minyak Zaitun

Masker Minyak Zaitun

Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal lama sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat kulit wajah. Salah satu khasiat yang bisa didapatkan dari minyak zaitun adalah untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cukup olesi bagian wajah Anda yang ditumbuhi jerawat dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin setiap hari, jerawat di wajah Anda pasti akan lebih cepat sembuh dan lebih cepathilang.

6. Mentimun

Buah mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan air yang terdapat dalam buah mentimun ini dapat difungsikan sebagai zat anti inflamasi / anti radang.

Manfaat Masker Mentimun

Manfaat Masker Mentimun

Selain itu, ternyata pendamping makan sebagai lalapan ini juga banyak kandungan nutrisi lain seperti vitamin A,B, dan C. Juga memiliki kandungan mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Tidak hanya itu, mentimun ternyata juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah.

Jadi tidak diragukan lagi mentimun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat membandel yang selama ini menghantui kita.

Anda bisa langsung mengaplikasikan mentimun ini dengan cara mengiris tipis mentimun ini kemudian tempelkan pada wajah anda. Atau anda juga bisa membuat mentimun seabgai jus, kemudianoleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Jahe

Alternatif cara alami menghilangkan jerawat yang berikutnya adalah dengan menggunakan jahe.

Jahe memiliki kandungan senyawa aktif dan zat antioksidan yang tinggi. Berkat kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalamnya, jahe dapat difungsikan sebagai zat anti inflamasi / anti radang dan zat anti bakteri.

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan jahe, ada dua alternatif cara yang bisa Anda tempuh, yaitu dengan menempelkan jahe yang sudah dihaluskan ke bagian wajah yang berjerawat dan dengan mengonsumsi air seduhan jahe secara rutin setiap hari.

8. Bawang Putih

Bawang putih sangat kaya akan zat antioksidan yang dapat melawan bakteri dan radang. Berkat kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalamnya, bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat di wajah.

Tidak hanya itu, bawang putih juga bisa mencegah jerawat timbul kembali dengan cara membasmi bakteri penyebab jerawat yang ada pada wajah.

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih, Anda hanya perlu menempelkan irisan bawang putih atau pun bawang putih yang telah dihaluskan ke bagian wajah Anda yang ditumbuhi jerawat.

Normal nya, dalam kurun waktu semalam, jerawat di wajah Anda akan langsung kempis dengan seketika.

9. Masker Cuka Sari Apel

Cara alami menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Apel sendiri buah yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat, juga asam asetat yang tinggi dan anti mikroba.

Bagaimana cara alami menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel? Silahkan anda tuangkan cuka apel pada kapas lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan anda lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

10. Masker Baking Soda

Baking soda sudah sangat terkenal sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan wajah, selain seabgai bahan untuk membuat kue tentunya.

Manfaat Baking Soda untuk Wajah

Manfaat Baking Soda untuk Wajah

Baking soda ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit agar mencegah timbulnya jerawat. Baking soda ini juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat yang membandel.

Sebelum anda mengaplikasikan bakign soda ke kulit wajah anda, sebaiknya anda test terlebih dahulu di kulit tangan anda, apakah terjadi reaksi alergi atau tidak.

Bagaimana cara membuat masker baking soda? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

Pertama silahkan anda campur 2 sdm soda kue dengan air, aduk hingga mengental. Selanjutnya cuci bersih wajah anda lalu keringkan dengan handuk hingga benar-benar kering.

Nah, setelah masker baking soda siap digunakan, anda coba dulu di kulit tangan, biarkan beberapa saat, apakah terjadi reaksi alergi atau tidak. Jika tidak terjadi reaksi alergi, silahkan lanjutkan dengan mengaplikasikan masker baking soda ini merata ke wajah anda.

Diamkan sekitar 15 menit. Lalu bersihkan pakai air hangat. Perawatan dengan masker baking soda ini akan membuat kulit wajah anda menjadi kering, silahkan anda gunakan pelembab wajah.

11. Manfaatkan Masker Yogurt dan Madu

Cara alami menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu dengan menggunakan kombinasi bahan alami yogurt dan madu. Yogurt yang merupakan produk olahan dari susu ini mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Bagaimana cara alami menghilangkan jerawat dengan masker yogurt dan madu? Pertama silahkan campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata.

Bersihkan wajah anda dengan air dingin, lalu keringkan. Begitu sudah kering silahkan aplikasikan masker tadi secara merata ke wajah anda. Biarkan sekitar 15 menit, lalu terakhir basuh dengan air hangat.

12. Gunakan Masker Lemon

Buah lemon yang memiliki kandungan asam askorbat-L ini juga bermanfaat untuk mengobati masalah jerawat yang selama ini anda alami.

Manfaat Lemon untuk Wajah Cantik Alami

Manfaat Lemon untuk Wajah Cantik Alami

Selain dapat mengobati jerawat, perawatan dengan masker lemon ini juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, mencerahkan wajah kamu dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Artikel terkait: 8 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Bagaimana caranya? Pertama silahkan siapkan 1 buah lemon, potong menjadi dua bagian lalu peras. Bersihkan wajah anda. Setelah bersih kemudian keringkan, begitu sudah kering, aplikasikan masker lemon pada wajah. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

13. Gunakan Masker Pisang dan Kunyit

Perawatan jerawat secara alami selanjutnya bisa kita lakukan dengan menggunakan masker pisang yang dikombinasikan dengan kunyit.

Manfaat Pisang untuk Wajah Cantik Alami

Manfaat Pisang untuk Wajah Cantik Alami

Buah pisang selain bermanfaat untuk kesehatan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit dan wajah kita. Kandungan pisang diantaranya berupa antioksidan, potasium, dan vitamin E.

Nah, dari kandungan nutrisi tersebutlah, buah pisang bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan wajah. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan Lektin yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jika dikombinasikan dengan kunyit yang mengandung kurkuminoid maka akan memberikan manfaat untuk mengobati kulit wajah yang meradang.

Bagaimana cara mengobati jerawat dengan buah pisang dan kunyit ini yaitu, pertama silahkan haluskan 1 buah pisang, lalu tambahkan 1/2 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm soda kue Aduk hingga rata. Bersihkan wajah anda, lalu keringkan. Biarkan sekitar 15 menit.

Selanjutnya, anda bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat. Setelah selesai menggunakan masker pakailah pelembap agar wajah anda tidak kering.

Artikel terkait: 18 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

14. Gunakan Masker Lidah Buaya

Selain bisa digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga bisa kita gunakan sebagai masker untuk mengatasi jerawat membandel di wajah.

Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan bahan aktif polifenol yang berguna anti-bakteri yang akan membantu menghilangkan jerawat.

Bagaimana cara? Pertama silahkan potong lidah buaya, kemudian ambil bagian dagingnya. Lumat hingga lembut. Berishkan wajah anda kemudian keringkan. Begitu kering, aplikasikan gel lidah buaya tadi ke wajah anda hingga merata. Biarkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

15. Manfaatkan Kulit Jeruk

Bukan isi jeruk ya, tetapi kita gunakan kulit jeruknya. Jadi jangan dibuang kalau makan jeruk, karena bisa kita manfaatkan untuk mengobati jerawat secara alami.

Ternyata bukan hanya jeruk saja, kulit jeruk juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin A dan C, flavonoid, dan antiokasidan yang tinggi serta tinggi akan serat.

Selain untuk mengobati jerawat, perawatan dengan kulit jeruk ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka, menghilangkan noda dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga dapat menyegarkan dan mencerahkan kembali kulit yang kusam.

Banyak sekali bukan? Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui. Bagaimana cara membuatnya? Silahkan anda keringkan kulit jeruk secukupnya dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari.

Begitu sudah benar-benar kering, silahkan anda haluskan dengan cara ditumbuk. Kemudian, masukkan ke dalam mangkok berikutnya tambahkan air sambil mengaduk hingga membentuk pasta.

Bersihkan wajah anda, lalu lap dengan handuk hingga kering. Kemudian aplikasikan masker kulit jeruk ini merata ke wajah anda. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga yuk: Ragam Manfaat Garam untuk Wajah Berjerawat, Berminyak dan Bopengan

16. Putih Telur Plus Jeruk Nipis atau Lemon

Perawatan wajah dengan menggunakan masker telur tentu sudah tidak asing lagi bukan? Putih telur dipilih sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah wajah karena memiliki kandungan enzim lysozim yang bermanfaat untuk menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mampu mengurangi minyak berlebihan yang merupakan penyebab jerawat.

Menggunakan putih telur untuk masker memang agak amis, maka dari itu, anda bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon ke dalamnya. Bukan hanya untuk menghilangkan amis saja, tetapi juga bermanfaat untuk menghambat kinerja bakteri penyebab jerawat bahkan sebagai zat anti radang.

Adapun cara membuat masker putih telur ini yaitu, pertama silahkan anda pisangkan antara putih dan kuning telur. Kemudian kocok putih telur hingga mengembang, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis.

Sebelum mengaplikasikan ke wajah, bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Biarkan masker putih telur ini sekitar 15 menit lalu cuci dengan air hangat.

17. Masker Pepaya

Cara alami menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pepaya. Pepaya sendiri selain kaya vitamin c juga mengandung znzim papain yang bermanfaat untuk mengikis sel kulit mati sedangkan aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit yang kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit.

Adapun cara memanfaatkannya yaitu, pertama, sediakan pepaya matang lalu haluskan hingga membentuk bubur. Tambahkan 1 sdm madu atau lemon. Bersihkan wajah anda, lalu aplikasikan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Terakhir, cuci wajah andan dengan air hangat.

18. Buat Scrub Gula

Terakhir, anda juga bisa menggunakan gula seabgai scrub untuk mengatasi jerawat yang membandel. Gula sendiri memiliki kandungan senyawa AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan asam glikolat yang bermanfaat untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Bagaimana cara membuat scrub gula? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama, silahkan tambahkan gula murni dan air dengan perbandingan 2:1.
  • Aduk rata, hingga menjadi pasta.
  • Berishkan wajah anda
  • Aplikasikan scrub gula tersebut ke wajah anda
  • Diamkan sekitar 15-20 menit.
  • Terakhir bersihkan wajah anda dengan air hangat dan keringkan.

*****

Itu lah beberapa alternatif cara alami menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba untuk terapkan di rumah.

Penting untuk diingat, semua cara yang kami sebutkan di atas cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus bersabar menjalani prosesnya secara rutin sesuai dengan panduan yang kami sebutkan di atas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 18 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat yang Terbukti Ampuh!

Leave a Reply