10 Cara Menghilangkan Nyeri Haid yang Ampuh

Pada kesempatan kali ini, tim penulis Tipscantika akan membagikan sedikit informasi mengenai cara menghilangkan nyeri haid.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, nyeri haid merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami kaum wanita saat memasuki masa awal siklus datang bulan.Permasalahan ini dialami oleh hampir seluruh wanita dengan intensitas nyeri yang berbeda – beda.

Nyeri haid terjadi karena kontraksi berlebihan yang terjadi di area sekitar dinding rahim.Pada dasar nya kontraksi di area sekitar dinding rahim ini adalah sebuah hal yang wajar dan selalu terjadi setiap saat.

Di waktu – waktu tertentu seperti di masa awal siklus menstruasi, kontraksi dinding rahim biasa nya akan mengalami peningkatan. Dampak nya suplai darah dan oksigen yang mengarah ke area sekitar dinding rahim akan terganggu.

Jika sudah begini, rahim akan mengeluarkan zat kimia bernama prostaglandin yang memicu dinding rahim untuk berkontraksi lebih keras. Hasil nya area sekitar rahim (bawah perut) pun akhirnya menjadi terasa nyeri.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Alternatif Cara Menghilangkan Nyeri Haid yang Ampuh

Ada tiga alternatif cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri haid, yaitu dengan mengonsumsi obat, dengan terapi / perlakuan fisik, dan dengan memanfaatkan bahan makanan tertentu. Untuk lebih jelas nya, Anda dapat membaca penjelasan di bawah ini:

1. Mengonsumsi Obat Khusus Pereda Nyeri Haid

Cara menghilangkan nyeri haid yang pertama adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri haid.

Obat nyeri haid saat ini sudah bisa didapatkan dengan cukup mudah. Variasi bentuk obat nyeri haid yang ada di pasaran saat ini pun tergolong cukup banyak. Dari mulai jenis obat berbentuk pil sampai dengan obat berbentuk minuman, semua nya sudah bisa didapatkan dengan cukup mudah dan murah.

Selain itu, jika mau, Anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri biasa, seperti paracetamol, aspirin, ibuprofen, dll.

2. Mengatur Asupan Makanan

Mengatur asupan makanan yang dikonsumsi ketika sedang haid juga diyakini dapat dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan nyeri haid yang ampuh.

Sebisa mungkin tingkatkan lah angka konsumsi untuk bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, omega 3, kalsium, dan magnesium. Selain itu, sebisa mungkin penuhi juga kebutuhan serat harian tubuh Anda dengan cara memperbanyak angka konsumsi buah dan sayur.

3. Berbaring

Tidur dengan posisi berbaring di tempat yang nyaman dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat kontraksi di area sekitar dinding vagina.

Agar terasa nyaman, Anda disarankan untuk berbaring di tempat yang empuk, entah itu kasur atau pun sofa. Bila perlu Anda juga bisa mengganjal bagian lutut Anda dengan menggunakan bantal, sehingga posisi berbaring Anda bisa terasa lebih nyaman.

4. Mengompres Perus

Selain dapat digunakan untuk menurunkan demam panas, teknik kompres dengan air hangat ternyata juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan nyeri haid.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, teknik kompres dengan air hangat dapat membantu membuat otot menjadi lebih tenang dan rileks.Nanti nya, ketika diterapkan pada bagian bawah perut, teknik kompres diharapkan bisa mengurangi kontraksi di area sekitar dinding rahim, sehingga rasa nyeri yang dirasakan bisa lebih berkurang.

Selain itu, dengan teknik kompres, diharapkan peredaran darah dan oksigen menuju ke dinding rahim bisa menjadi lebih lancar, sehingga rahim bisa berhenti memproduksi zat prostaglandin dan kontraksi di dinding rahim pun bisa segera berhenti.

5. Minum Air Hangat

Di fase menstruasi, tubuh cenderung mengeluarkan lebih banyak cairan. Maka dari itu, agar pasokan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih.

Selain itu, agar perut bisa terasa lebih nyaman, Anda juga disarankan untuk banyak minum air hangat.

Namun begitu, air hangat yang dikonsumsi adalah air hangat tawar ya. Di masa – masa seperti ini, pengonsumsian minuman hangat ber-“rasa”, seperti kopi, teh manis, dan soda cenderung sangat tidak dianjurkan.

Pasal nya, alih – alih dapat membuat perut terasa nyaman dan rileks, semua jenis minuman di atas malah berpotensi menyebabkan perut menjadi terasa mulas.

6. Olahraga Ringan

Selain dapat membantu mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh, olah raga ringan ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan nyeri haid.

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, nyeri haid biasa nya akan terjadi ketika rahim tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen dengan cukup.

Nah, dengan berolahraga, harapan nya kinerja jantung bisa lebih optimal dan berdetak dengan lebih kencang, sehingga asupan darah dan oksigen yang mengarah ke rahim bisa berjalan dengan lebih lancar.

Beberapa aktivitas olah raga ringan yang bisa Anda kerjakan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid adalah: jogging, yoga, jalan santai, dan bersepeda.

7. Istirahat Dengan Cukup

Agar tubuh Anda bisa lebih cepat fit dan terhindar dari permasalahan nyeri haid, Anda disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian Anda.

Di masa menstruasi, Anda sebaiknya tidur malam selama kurang lebih 7 – 8 jam. Sedangkan di siang hari nya, Anda disarankan untuk tidur siang sekurang – kurang nya 15 menit per hari.

8. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Zat Besi

Cara menghilangkan nyeri haid yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi.

Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu mengoptimalkanproses produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan begitu, harapan nya pasokan sel darah merah yang dikeluarkan selama fase menstruasi bisa langsung tergantikan dengan pasokan sel darah merah baru yang lebih segar.

Di lain sisi, makanan yang kaya akan zat besi diharapkan juga dapat membantu meningkatkan mood dan kebugaran tubuh, sehingga Anda bisa lebih semangat dalam menjalankan aktivitas meski pun tengah berada dalam siklus menstruasi.

9. Menggunakan Teknik Pijatan

Pijatan dan urutan kecil di area sekitar perut bagian bawah juga diyakini dapat membantu memperlancar aliran darah dan oksigen yang mengarah ke bagian rahim. Cukup berikan pijatan lembut di area sekitar perut bagian bawah, area pusat, dan sekitar pinggang, nanti nya rasa nyeri haid yang Anda rasakan akan berkurang secara simultan.

10. Mengonsumsi Kunyit Asam

Kunyit asam adalah salah satu ramuan tradisional yang terbukti ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan nyeri haid.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kunyit memiliki sifat anti inflamasi. Ketika dikonsumsi, kunyit dapat membantu meredakan berbagai macam permasalahan radang dan nyeri yang terjadi di dalam tubuh.

Nah, khusus untuk Anda yang tengah mengalami nyeri haid, ramuan kunyit asam ini diyakini dapat membantu mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri yang terjadi di sekitar organ reproduksi Anda.

***

Nah, itu lah beberapa alternatif cara menghilangkan nyeri haid yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ya!

Jangan lewatkan juga: 15 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit Secara Alami

Leave a Reply